Breaking News

Plh. Sekda Sinjai Optimis Kolaborasi Kerja Bisa Turunkan Angka Stunting Hingga Tingkat Desa


Bakalbeda.com
- Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Drs. Andi Ilham Abubakar, MH, menegaskan bahwa kolaborasi kerja berbagai pihak menjadi kunci penting dalam memastikan program penurunan angka stunting dapat berjalan optimal hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Ia optimis melalui upaya bersama ini, angka stunting di Kabupaten Sinjai dapat turun secara signifikan.

Hal tersebut disampaikan Andi Ilham saat mewakili Pj. Bupati dalam acara pembukaan rapat koordinasi, monitoring, dan evaluasi Tim Percepatan Penurunan Stunting yang berlangsung di Wisma Sanjaya, Sinjai Utara, Kamis (3/10/2024).

Menurutnya, upaya penurunan angka stunting tidak bisa dilakukan oleh satu lembaga saja. Keterlibatan seluruh elemen, mulai dari pemerintah daerah, desa/kelurahan, akademisi, media, sektor swasta, lembaga swadaya masyarakat, hingga mitra pembangunan lainnya, sangat diperlukan.

"Ini adalah komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah. Kita menargetkan penurunan angka stunting hingga 14% di tahun 2024. Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk memperkuat komitmen kita bersama dalam mempercepat penurunan angka stunting di semua tingkat, mulai dari kabupaten hingga desa," ungkap Andi Ilham.

Selain itu, Andi Ilham juga menekankan pentingnya persiapan matang untuk Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), memastikan data yang dimiliki pemerintah daerah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Data yang valid menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan dan intervensi yang tepat untuk menangani masalah gizi di Kabupaten Sinjai.

"Kolaborasi antar instansi dan pemangku kepentingan sangat penting untuk memastikan survei ini berjalan lancar," pungkasnya.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat terkait, termasuk para kepala OPD, camat, kepala puskesmas, koordinator penyuluh KB, dan tim teknis Stunting Sinjai.

Setelah rapat koordinasi, acara dilanjutkan dengan persiapan penilaian untuk SSGI di seluruh Kabupaten Sinjai.***

0 Komentar

Posting Komentar
© Copyright 2023 - Bakal Beda